VERTIGO (Pusing Berputar)

Oleh : dr. Anton Christanto SpTHT-KL, M.Kes

Pusing kerap kali diidentikan dengan sakit kepala, namun kata pusing bisa pula berarti berputar yang maksudnya melihat benda di sekeliling tampak berputar mengelilingi kita. Sensasi pusing berputar dalam bahasa medis disebut vertigo.

DEFINISI DAN GEJALA VERTIGO

Perkataan vertigo berasal dari bahasa Yunani vertere yang artinya memutar . Pengertian vertigo adalah : sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, akibat gangguan alat keseimbangan tubuh.

Vertigo sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling  adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak ( oscillopsia ). Untuk menentukan kelainan yang menyebabkan vertigo, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan ENG (elektronistagmografi).

JENIS

Vertigo terbagi menjadi beberapa jenis namun secara umum Vertigo terbagi menjadi 2 jenis yakni Vertigo Vestibuler dan Vertigo Non-vestibuler.

VERTIGO VESTIBULER

Memiliki karakteristik: Pasien merasa lingkungan sekitarnya berputar (oscillopsia),rasanya naik turun seperti berada di atas kapal dan seringkali diikuti dengan gejala otonom seperti nausea ( mual ) dan muntah serta nistagmus (gerakan ritmik tanpa kontrol pada mata, bisa bergerak ke kanan kiri atau naik turun).

VERTIGO NONVESTIBULER

Vertigo nonvestibuler seringkali sulit dideskripsikan secara jelas oleh pasien. Pasien biasanya mengeluhkan rasa pusing, kekosongan di kepala, dan gelap pada mata dan bisa terjadi nistagmus Kondisi oscillopsia dan gejala otonom tidak pernah ditemukan.

PENYEBAB VERTIGO

Penyebab utama adalah karena terjadinya gangguan pada sistem syaraf keseimbangan tubuh. Sedangkan gangguan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu : infeksi, tumor, perdarahan, hipertensi kronis, trauma kepala dan stres

PENGOBATAN

Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. Disamping itu, obat biasa diberikan selain adalah untuk mengurangi vertigo. Semua jenis obat untuk tujuan tersebut bisa menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut.

Please follow and like us:



Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <s> <ins> <strong>