Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu

RSU PKU Muhammadiyah Delanggu telah menyelenggarakan Shalat Idul Adha tahun 2016 M / 1437 H, tepatnya pada hari Senin, 12 September 2016, yang bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah 1437 H. Bertempat di halaman parkir sebelah utara Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit, shalat Idul Adha yang terbuka untuk umum tersebut diikuti sekitar 350 an jamaah yang terdiri Pimpinan dan karyawan RSU PKU Muhammadiyah Delanggu beserta keluarga, keluarga pasien dan warga sekitarnya.

Bertindak selaku imam dan khotib shalat Idul Adha tahun ini adalah Drs. Muhammad Chotib. Dalam khutbahnya beliau menguraikan hikmah ibadah qurban yakni pengurbanan untuk mendekatkan diri pada Allah, sebagaimana dahulu dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS yang telah melakukan pengorbanan  luarbiasa dalam sejarah peradaban manusia yaitu menyembelih anak yang dicintainya. Hal tersebut dilakukan oleh Nabi Ibrahim sebagai bukti bahwa ketaatannya kepada Alloh SWT melebihi rasa cintanya kepada anak. Lebih lanjut Drs Muhammad Chotib menguraikan, “ Berqurban merupakan bentuk ketaatan yang nyata, bukan hanya ucapan tetapi juga merupakan tindakan lahiriah. Berqurban merupakan aplikasi amal sholeh baik secara individu maupun sosial dari orang yang bertaqwa. Ibadah ini juga dimaksudkan untuk melatih kita untuk membuang jauh sifat egois, pelit dan kikir dengan berbagi sebagian nikmat rizki yang diberikan Allah SWT kepada kita.”

Selain pelaksanaan sholat Idul Adha RSU PKU Muhammadiyah Delanggu juga melaksakaan penyembelihan hewan qurban. Tahun ini qurban dari dokter dan karyawan ada 2 sapi. Satu sapi diserahkan ke Panitia Qurban Pimpinan Ranting Muhammadiyah desa Butuhan sedangkan satunya disembelih di rumah sakit. Proses penyembelihan hewan qurban di PKU Delanggu diawali penyerahan sapi qurban dari dr. Muhamad Ma’mun Sukri – Direktur RSU PKU Muhammadiyah Delanggu kepada H. Qomarudin, S.Th.I selaku Ketua Panitia Penyembelihan Qurban RSU PKU Muhammadiyah Delanggu. Panitia Qurban membagikan daging qurban dalam 2 bentuk yaitu paket daging sejumlah 65 untuk yatim piatu binaan Pimpinan Cabang Aisyiyah Delanggu dan daging yang sudah dimasak beserta nasi sejumlah  500 paket diberikan pada keluarga pasien, pengunjung dan masyarakat sekitar Rumah Sakit PKU Delanggu.

Bapak Direktur berharap menyelenggarakan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban bisa dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menjalankan syari’at, syi’ar dan agar dapat menambah kemanfaatan keberadaan RSU PKU Muhammadiyah Delanggu untuk masyarakat.

adh 1 adh 2

Please follow and like us:



Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <s> <ins> <strong>